Asisten I Pemerintahan dan Kesra Tutup Perayaan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu Ke-21

Asisten Kepemerintahan dan Kesra, Bapak Muh. Yunus Alsam, S.Pd, M.Si. (Foto Adding Marulu)

Pasangkayu, Fokus Rakyat.net – Semua rangkaian kegiatan lomba dan perayaan lainnya dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu yang ke-21 ditutup secara resmi dalam acara malam ramah tamah di panggung kesenian kantor bupati, Selasa, 23 April 2024.

Penutupan ini dipimpin oleh Asisten Kepemerintahan dan Kesra, Muh. Yunus Alsam, S.Pd, M.Si, dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), beberapa pimpinan OPD, serta tokoh masyarakat.

Penutupan Perayaan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu Ke-21 tahun 2024. (Foto Adding Marulu)

Yunus Alsam, yang merupakan salah satu anggota Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu pada tahun 2000, saat itu adalah seorang guru SD, mewakili Bupati dan Wakil Bupati dalam menutup malam ramah tamah tersebut.

Dalam sambutannya, Yunus menjelaskan bahwa penetapan tanggal Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu, yaitu tanggal 18 April, didasarkan pada hasil seminar yang melibatkan seluruh tokoh masyarakat serta menghadirkan ahli di bidangnya seperti Prof. Dr. Anhar Gonggong, Prof. Dr. Zainal Mangitung, dan Abd. Muis Mandra.

Penutupan Perayaan Hari Jadi Kabupaten Pasangkayu Ke-21 tahun 2024. (Foto Adding Marulu)

Penetapan tersebut diputuskan melalui rumusan yang merujuk pada berbagai aspek, termasuk sejarah, agama, filosofi, aturan, dan aspek sosial lainnya.

“Saya ingin menitipkan kepada saudara-saudara, kepada adik-adik semua, jaga daerah kita ini karena ini adalah amanat kita semua. Kembalikan bahwa Pasangkayu ini bukan hanya milik Pemerintah atau Pejabat, tapi milik seluruh masyarakat. Kata Bung Karno, ‘Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang tahu hargai Jasa Pahlawannya, Bangsa yang tahu Hargai Jasa Pejuangnya’,” kata Yunus Alsam, yang menambahkan bahwa malam tersebut mungkin menjadi malam terakhirnya sebagai ASN dan Pejabat Daerah karena akan memasuki masa pensiun pada bulan Januari 2025.

Dengan demikian, semangat untuk menjaga dan memperjuangkan daerah Pasangkayu serta menghargai jasa para pahlawan dan pejuangnya tetap menjadi pesan penting untuk diteruskan kepada generasi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!