Poso jadi Percontohan Bantuan Hibah 5.000 Lampu Jalan di Sulteng, Korwil : Sisanya Segera Terealisasi Menunggu Persetujuan Presiden Jokowi

FOTO : Tampak Hasyim Taleba, selaku Koordinator wilayah (Korwil) Sulteng, menjemput bantuan hibah lampu jalan sebagai percontohan di kabupaten Poso.

FOKUS RAKYAT.NET, POSO – Program Penerangan Jalan Umum – Tenaga Surya (PJU-TS) merupakan bantuan hibah lampu jalan PP-5000, pada lima kabupaten, di wilayah Sulteng (Sulawesi Tengah), segera terealisi 2021, dan kini tinggal menunggu persetujuan dari Presiden Jokowi.

Bahkan, bantuan hibah lampu jalan itu, telah diserahkan percontohannya sebanyak 10 unit di Kabupaten Poso, tepatnya di Kecamatan Pamona Puselemba, Desa Buyumpondoli.

Baca juga : Alhamdulilah Delapan Gedung Baru di Untad Siap Digunakan Kuliah, PPK Strategis II : Pelaksana Sudah Ajukan Penyerahan

Bantuan itu, telah diterima secara simbolis oleh Camat Pamona Puselemba, Gloria Tobondo. SE, di Tentena, Poso, belum lama ini.

Demikian diungkapkan Hasyim Taleba, selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Sulteng, di Lembaga Pengelola Proyek Badan Kongres Internasional Forum Budaya Warisan Dunia (LPP – BKIFBWD), kepada sejumlah awak media, di salah satu warkop, di Jalan Dewi Sartika, Kota Palu, Senin, 30 Agustus 2021.

Baca juga : Polisi Bubarkan Acara Musik Pada Malam Hari di Kecamatan Ini, Alasanya Bikin Geleng Kepala

“Kita tinggal menunggu saja persetujuan dari Kepala Negara (Presiden Jokowi), setelah itu, baru kita menjalankan program PJU – TS (Lampu Jalan) ini, ya, bulan Oktober 2021 pasti sudah jalan proyeknya, tapi tidak menutup kemungkinan September 2021 ini juga bisa dimulakan,”ungkap Hasyim dengan mantap kepada wartawan.

Hasyim, yang dikenal punya kolega besar di Ibukota Jakarta itu, mengatakan progress dari pelaksanaan program PJU – TS ini juga melihat dari Inkondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga : Kabar Gembira Gedung BPPW Sulteng Bakal Rampung 100 Persen, Pelaksana : Sisa Finishing Pekerjaan Tambahan

Kata dia, dengan pemberlakuakn PPKM Level 4 baik di Jakarta bahkan di beberapa daerah di Sulteng, termasuk Kota Palu, dan Poso, diakui menjadi kendala selama ini.

“Padahal semua proses administrasinya sudah selesai, ya, untuk berkoordinasi ke Presiden Jokowi juga masih terkendala, disebabkan protokoler kesehatan (Prokes) yang begitu ketat,” ungkap putra asli kelahiran Poso itu.

Dia menambahkan, untuk penyimpanan lampu jalan itu sudah disiapkan, baik gudang di daerah Kudus, dan daerah Malang, sudah siap disuplai menuju Sulteng.

Baca juga : Antisipasi Pungutan Liar di Sigi, Begini Himbauan Polisi Minta Dilaporkan

“Sekarang tinggal menunggu pematangan saja, karena sudah melalui proses dan pengkajian, jika telah disetujui Pak Presiden, maka tidak ada lagi keraguan,” jelas pria berkulit kuning langsat itu.

Dia menjelaskan, lampu jalan yang dikirim dari Jakarta untuk percontohan di Poso, merupakan salah satu keseriusan lembaga ini untuk menyalurkan bantuan hibah PP – 5000 lampu jalan.

Baca juga : Tak Patuhi PPKM Level 4, Polisi Bubarkan Pertandingan Futsal

Kata dia, secara teknis pelaksanaan nantinya untuk daerah yang sudah berkontrak itu, kemudian pihaknya mengundang Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura, untuk menyerahkan secara langsung bantuan hibah ini, dan membuat MoU dengan kabupaten dalam hal ini naskah pemberian hibah ke daerah.

“Perencanaan saya sebagai Korwil, maka nantinya kegiatan itu akan dibuat di Kabupaten Poso, dan para kepala daerah dari Touna (Tojouna-una), Bangkep (Banggai Kepulauan), Morowali, dan Morut (Morowali Utara) akan diundang ke Poso,” pungkasnya.(Atr)

error: Content is protected !!
Exit mobile version