iklan

Respon Positif Kadis Disporapar Parigi Moutong terhadap Viralitas Air Terjun Ogomegang

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Parigi Moutong, Eny Susilowati, SE.MM. (Foto IST)
pasang-iklan-anda-disini

FOKUSRAKYAT.NET – Menanggapi viralnya objek wisata Air Terjun Ogomegang yang terletak di Desa Karya Mandiri, Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong di media sosial baru-baru ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Parigi Moutong, Eny Susilowati, SE.MM memberikan tanggapan positif.

PASANG IKLAN

Dalam wawancara melalui WhatsApp kepada wartawan media ini, pada Rabu, 5 Juni 2024, Eny menyatakan bahwa promosi Air Terjun Ogomegang belum masuk dalam agenda tahun ini.

“Untuk promosi tahun ini, Air Terjun Ogomegang memang belum masuk. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan lomba foto dan video pariwisata dengan maksud mendapatkan informasi serta data terkait objek ini. Masih ada waktu, silakan daftarkan foto lokasi ini untuk masuk data kami,” jelas Eny.

Lebih lanjut, ia mengajak pihak desa untuk memasukkan usulan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang).

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata saat ini sedang melakukan upaya pengembangan untuk beberapa jenis destinasi wisata, yaitu:

Destinasi Wisata Super Prioritas

Destinasi Wisata Prioritas

Destinasi Wisata Potensial

Destinasi Wisata Rintisan

“Diharapkan ini menjadi perhatian semua sektor, termasuk dari desa, untuk mengusulkan saat Musrembang desa, kecamatan, dan kabupaten, supaya dari segi penganggaran yang menjadi bagian dinas pariwisata mendapat penguatan. Karena pengembangan destinasi dibutuhkan keterlibatan OPD lain, termasuk akses jalan menuju lokasi dan pengelolaannya yang dapat diswakelolakan kepada kelompok sadar wisata yang dibentuk desa,” tambah Eny.

Program Penganugerahan Desa Wisata juga menjadi program andalan di Parigi Moutong.

Tahun ini, tiga desa wisata di Parigi Moutong masuk 500 besar dari 5322 desa wisata se-Indonesia yang didaftarkan, yaitu Desa Wisata Kayubura, Desa Wisata Koronsondaya, dan Desa Wisata Khatulistiwa.

“Meski belum masuk 100 besar, pencapaian ini menjadi bahan evaluasi kami antara pemerintah dan juga kelompok sadar wisata desa untuk terus memperbaiki dan membuat inovasi, agar tahun depan bisa lebih naik peringkat atau bahkan ditambah lagi usulan desa wisatanya. Dari segi objek wisata, Air Terjun Ogomegang ini masuk potensial, untuk itu dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak,” pungkasnya.

Dengan respon positif ini, diharapkan Air Terjun Ogomegang dapat lebih dikenal dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Parigi Moutong.

iklan kepala
pasang iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. MEDIA FIRMANSYAH PERKASA - COPYRIGHT @ 2024
error: Content is protected !!