iklan

Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam Terbuka untuk Kesehatan

Alam terbuka bisa memberi pengaruh positif bagi kesehatan. (Foto IST)
pasang-iklan-anda-disini

FOKUSRAKYAT.NET – Siapa sangka alam terbuka bisa memberikan pengaruh positif yang signifikan bagi kesehatan kita.

Menghirup udara segar.

PASANG IKLAN

Merasakan sinar matahari di wajah.

Menikmati pemandangan alam dapat menyegarkan pikiran dan membuat tubuh rileks.

Banyak orang kini memilih untuk menghabiskan waktu di luar ruangan.

Menikmati alam, sebagai cara untuk meraih berbagai manfaat kesehatan, baik mental, emosional, maupun fisik.

Menghabiskan waktu di alam dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kreativitas, dan fokus, serta mengajari kita untuk lebih menghargai kehidupan.

Berikut ini empat manfaat utama menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan, dilansir dari Real Simple.

1. Mendukung Kesehatan Fisik

Melakukan aktivitas fisik di luar ruangan dapat meningkatkan motivasi untuk berolahraga. Menurut sebuah studi di Journal of Epidemiology and Community Health, orang yang menghabiskan waktu di alam atau ruang terbuka lebih cenderung melakukan aktivitas fisik dan memiliki tingkat yang lebih tinggi dalam menjaga berat badan.

“Melakukan aktivitas luar ruangan seperti hiking, berenang, atau sekadar berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan fisik, termasuk menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh,” ungkap Nicholette Leanza, seorang konselor klinis profesional berlisensi untuk LifeStance Health.

2. Menenangkan Diri dan Menghilangkan Stres

Ernesto Lira de la Rosa, PhD, menjelaskan bahwa berada di luar ruangan, terutama di alam, dapat membantu kita melepaskan diri dari tekanan sehari-hari, teknologi, dan interaksi sosial. “Alam dapat membantu kita membumi dan menyegarkan tubuh dan pikiran, terutama jika kita meluangkan waktu untuk mengamati lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Menghabiskan waktu 10 hingga 15 menit di alam berhubungan dengan penurunan detak jantung, kortisol saliva, tekanan darah, dan aktivitas sistem saraf simpatis, serta peningkatan aktivitas sistem saraf parasimpatis.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Konsentrasi

Partisipan yang menghabiskan waktu di alam terbukti lebih kreatif dan menjadi pemecah masalah yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan waktu di lingkungan perkotaan. Sebuah studi dalam Journal of Environmental Psychology menemukan bahwa orang yang berjalan-jalan di taman selama 90 menit mengalami peningkatan aktivitas saraf di bagian otak yang berhubungan dengan perhatian dan pengaruh positif.

4. Mengajarkan Penghargaan terhadap Kehidupan

Menghabiskan waktu di alam juga mengajarkan kita untuk lebih menghargai kehidupan dan lingkungan sekitar. Ketika kita berada di luar ruangan dan mengamati keindahan alam, kita menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan demi generasi mendatang.

Dengan segala manfaat yang ditawarkan, tidak heran jika semakin banyak orang memilih untuk meluangkan waktu di alam sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Jadi, jangan ragu untuk keluar dan nikmati keindahan alam yang ada di sekitar kita.

iklan kepala
pasang iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. MEDIA FIRMANSYAH PERKASA - COPYRIGHT @ 2024
error: Content is protected !!