Begini Kebiasaan Malam yang Meningkatkan Kesehatan Otak, Tips Jaga Kecerdasan dan Kesehatan Mental Anda

kebiasaan malam
Ilustrasi kebiasaan malam. (IST)

Fokusrakyat.net — Dalam upaya menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif, kebiasaan baik di malam hari menjadi kunci penting.

Tidak hanya dari segi nutrisi tubuh, tetapi juga kebiasaan saat tidur memengaruhi kesehatan otak secara keseluruhan.

1. Jauhkan Ponsel Sebelum Tidur

Menghindari paparan cahaya biru dari layar ponsel dapat meningkatkan kualitas tidur. Studi terbaru menemukan bahwa penggunaan ponsel sebelum tidur dapat mengurangi kapasitas kognitif, termasuk memori kerja dan kreativitas. Jauhkan ponsel setidaknya 2 jam sebelum tidur untuk memastikan tidur yang nyenyak.

2. Membaca Sebagai Ritual Sebelum Tidur

Membaca buku sebelum tidur terbukti dapat menenangkan otak dan meningkatkan kecerdasan. Membaca secara konsisten membantu memfasilitasi permulaan tidur, mengurangi kecemasan, dan menenangkan otak. Orang yang membaca secara teratur cenderung memiliki hasil kognitif yang lebih baik.

3. Tidur Cukup dan Teratur

Para ahli kesehatan terus menegaskan pentingnya tidur yang cukup. Kurang tidur tidak hanya mengganggu memori dan pembelajaran, tetapi juga membuat otak bekerja lebih lambat dan menurunkan fokus. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam dan usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

4. Tetapkan Jam Tidur dan Bangun yang Konsisten

Memiliki waktu tidur yang tetap setiap malam adalah kebiasaan baik. Menjaga jam tidur dan bangun yang konsisten membantu menjaga ritme tidur dan mencegah gangguan pada fungsi kognitif. Pasang pengingat atau alarm jika perlu untuk membantu Anda menjaga jadwal tidur yang teratur.

5. Gunakan Wewangian yang Menenangkan

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan wewangian seperti minyak atsiri melalui diffuser selama dua jam sebelum tidur dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Wewangian yang menenangkan seperti lavender atau chamomile dapat membantu menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini, diharapkan Anda dapat meningkatkan kualitas tidur, memperkuat ingatan, dan merawat kesehatan otak Anda secara keseluruhan. Semoga dengan adanya perubahan-perubahan kecil ini, Anda dapat mencapai kesehatan otak yang optimal dan merasa lebih segar setiap hari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. MEDIA FIRMANSYAH PERKASA - COPYRIGHT @ 2024
error: Content is protected !!