iklan

Ruas Jalan Tambu – Kasimbar Cs Akan Dibangun Jadi Jalan Tol Penghubung IKN – Kawasan Indonesia Timur, Kabid : Sekitar Rp300 Milyar

kasimbar
KETERANGAN : Ruas jalan Tambu - Kasimbar Cs yang dikabarkan akan dibangun menjadi kawasan Jalan Tol. (FIRMANSYAH)
pasang-iklan-anda-disini

DONGGALA, FOKUSRAKYAT.NET – Ruas Jalan Tambu – Kasimbar Cs sepanjang 30 km, menghubungkan Kabupaten Donggala dengan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dikabarkan akan dibangun menjadi kawasan Jalan Tol, sebagai jalan bebas hambatan untuk mempercepat pembangunan ekonomi di Sulteng.

Ruas jalan Tambu – Kasimbar Cs ini, yang akan dibangun sepanjang 30 km, juga bertujuan untuk menjadi jembatan penghubung IKN Nusantara dengan kawasan Timur Indonesia.

PASANG IKLAN

Seorang Buruh Sawit Kedapatan Bawa Diduga Sabu oleh Satuan Narkoba Polres Pasangkayu di Desa Ako

Ruas jalan Tambu – Kasimbar Cs, juga disebut Jalan Bypass sebagai Jalan pintas. Karena letak begitu strategis menghubungkan antar daerah dan antara provinsi di wilayah Timur Indonesia menuju IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Demikian diungkapkan Ir. Asbudianto, ST MSi, selaku Kabid Jalan Jembatan, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulawesi Tengah, kepada wartawan media, belum lama ini.

Kabid Jalan Jembatan itu, mengatakan tahapan pembangunan ruas Tambu – Kasimbar Cs saat ini, sedang merampungkan proses lelang tahap perencanaan teknis.

Diduga Bawa Sabu, Seorang Pemuda Ditangkap Polisi di Kelurahan Pasangkayu

“Sekitar 2 Milyar rupiah yang disiapkan untuk konsultan perencanaan di tahun 2023, kita menunggu hasil dari situ, baru dimulai pembangunan ruas Tambu – Kasimbar Cs itu,” ungkapnya kepada wartawan, saat di temui di ruang kerjanya, di kantor Dinas Bina Marga Sulteng, di Jalan Towua Palu.

Dia menjelaskan, untuk anggaran pembangunan ruas Tambu – Kasimbar itu, disebutnya sudah tersedia karena Pemprov Sulteng melalui Dinas Bina Marga bekerjasama dengan Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

“Konsepnya daerah yang meminjam dana dari BUMN dulu, sekarang dana sudah ready (siap pakai), tapi kita menunggu dulu tahap perencanaan selesai,” ungkapnya lagi.

Polres Sigi Tangkap Ganja 3,4 Kg, Pengiriman Gunakan Jasa Expedisi

“Untuk tahap perencanaan itu, meliputi gambar kerja, spesifikasi teknis, dan menghitung rencana anggaran biaya (RAB), bukan tupoksi saya karena di bidang sebelah, karena kami menunggu pelaksanaan saja,” terangnya.

Disinggung berapa kisaran biaya dibutuhkan untuk pembangunan ruas jalan Tambu – Kasimbar Cs itu. Dia memprediksi biaya sekitar 300 milyar rupiah.

“Kurang lebih 300 milyar rupiah, biaya sekitar angka itu untuk merampungkan ruas jalan Tambu – Kasimbar Cs tersebut,” terangnya lagi.

Menurutnya, untuk saat ini secara teknis belum bisa ditafsir karena menunggu dulu tahap perencanaan dari pihak konsultan. Namun, ia merinci jembatan permanen yang akan dibangun sebanyak 2 unit, satu di bawah kaki gunung, dan satunya lagi jembatan permanen di atas gunung ruas jalan itu.

“Kemudian ruas jalan Tambu – Kasimbar Cs ini bisa dibangun akses lebih pendek dengan ditarik lurus, sehingga mengurangi tikungan tajam, dan paling penting jarak tempuh semakin berkurang,” pungkasnya.

(**/Tim Redaksi Donggala)

iklan kepala
Editor: Firmansyah
pasang iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. MEDIA FIRMANSYAH PERKASA - COPYRIGHT @ 2024
error: Content is protected !!