iklan

Jembatan Gumbasa Dikabarkan Putus, Warga Dengar Suara Gemuruh Seketika Banjir Bandang

JEMBATAN GUMBASA
Jembatan Gumbasa mengalami kerusakan serius alias putus tersebut akibat curah hujan terlalu tinggi. (FOTO : HASAN TURA)
pasang-iklan-anda-disini

SIGI (FOKUSRAKYAT.NET) – Jembatan Gumbasa sebagai penghubung jalan trans Palu – Kulawi atau menghubungkan Kota Palu dengan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dikabarkan putus.

Jembatan Gumbasa mengalami kerusakan serius alias putus tersebut akibat curah hujan terlalu tinggi, sejak Senin Sore hingga Selasa Pagi.

PASANG IKLAN

Sehingga mengakibatkan Sungai Gumbasa yang disebut juga sebagai aliran Sungai Palu mengalami banjir dan meluap sampai ke permukiman warga desa Pakuli Utara.

Unjuk Rasa Mahasiswa terkait Kenaikan BBM Berjalan Aman di Pasangkayu

Selain itu akibat dari curah hujan sangat tinggi ini adalah jalan trans Palu – Kulawi – Gimpu tepatnya di KM 39 di Desa Pakuli Utara mengalami putus total karena jembatan Gumbasa ambruk.

Pengakuan salah seorang warga desa Pakuli Utara, Lantoa, kepada sejumlah wartawan mengatakan sempat mendengarkan kedatangan banjir sekitar pukul 01.00 dini hari.

Bupati Ade Yasin Merasa Difitnah Terlibat Suap

“Awalnya terdengar suara bergemuruh lalu tiba – tiba banjir datang,”ungkap Lantoa, warga Pakuli Utara, Selasa, 6 September 2022.

“Kemudian kami saling berkoordinasi dengan beberapa warga lainnya untuk mengantisipasi kedatangan banjir tersebut,”ungkapnya lagi.

Dia mengatakan, saat banjir datang mereka mengevakuasi salah seorang warga yakni Dewarni yang sering disapa Tina Andibiro ke tempat yang aman karna beliau punya rumah tempat tinggal aga rendah dari pemukiman warga yang lain.

Jalan Berlubang Dikeluhkan Bagian dari Paket Preservasi Rp13,7 Milyar

“Banjir yang menerjang ke permukiman warga desa Pakuli Utara disebabkan karna besarnya debit air hujan kiriman dari kecamatan Palolo ditambah dengan adanya di wilayah desa Pakuli Utara dan sekitarnya hujan dari sore sampai pagi hari,”terangnya.

Dia menambahkan, hujan yang tak kunjung redah sehingga akhirnya badan sungai Gumbasa yang tidak mampu menampung debit air sungai ahirnya meluap sampai ke permukiman warga dan mengikis badan jalan diujung Jembatan Gumbasa sehingga putus.

Dinas Diduga Lemah Pengawasan, PPK No Comment Disinggung Hasil Pekerjaan Ada Apa?

“Pengguna jalan trans Palu – Kulawi – Gimpu yang dari empat kecamatan yakni Kulawi, Lindu, Kulawi Selatan, dan Pipikoro, serta sebagian desa di kecamatan Gumbasa, untuk melancarkan aktivitas melewati jalan trans Palu – Bangga menuju ke Kota Palu,”pungkasnya.(*/Hasan Tura)

iklan kepala
Penulis: Hasan TuraEditor: Firmansyah
pasang iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. MEDIA FIRMANSYAH PERKASA - COPYRIGHT @ 2024
error: Content is protected !!