iklan

Menpora Buka Fornas VI Sumsel, 12.000 Pegiat Olahraga Hadir

rombongan sulteng
Kontingen Kormi Sulawesi Tengah.
pasang-iklan-anda-disini

PALEMBANG, FOKUS RAKYAT — Presiden RI melalui Menpora, Dr. Zainuddin Amali, secara resmi membuka ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VI, bertempat Venue Dayung Jakabaring Sport city, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat kemarin, 1 Juli 2022.

Sebanyak 34 Provinsi se-Indonesia mengikuti Iven nasional Fornas, Kontingen Kormi Sulawesi Tengah yang diketuai Ir. Syaifullah Djafar M.Si yang juga Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng mengantar sekaligus mendampingi secara langsung para pegiat olahraga dan menurunkan 26 Inorga dengan jumlah pegiat 305 orang.

PASANG IKLAN

Dalam sambutan Presiden, Menpora Dr Zainuddin Amali, merasa Kormi merupakan olahraga masyarakat yang mungkin saja belum terlalu populer dibandingkan olahraga prestasi. Menurut Menpora dalam undang-undang nomor 11 tentang olahraga ada tiga kelompok yakni ; olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat.

Sebagaimana dalam undang-undang nomor 11 Tahun 2022 tentang olahraga dan juga Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang desain besar olahraga nasional.

“Olahraga masyarakat sangat memegang peran penting karena tidak mungkin kita bisa mendapatkan prestasi yang baik dan gemilang kalau dari hulunya tidak digerakkan,”jelas Menpora.

Menurut Menpora kalah dan menang dalam ajang Fornas soal kedua yang penting silaturahmi dan bagaimana meningkatkan gairah olahraga masyarakat yang utama.

Sementara itu, Ketua Kormi Nasional, H. Haryono Isman menjelaskan  jumlah peserta Fornas-VI yang  hadir di kota Palembang dan di kabupaten Ogan Ilir sebanyak 9.000 pegiat olahraga dari seluruh tanah air dari 12.141 yang terdaftar di fornas information system.

“Insyaallah mereka akan bergabung mulai besok sampai dengan tanggal 5 Juli sehingga mencapai angka 12.141,” jelasnya.

Yang patut menjadi kebanggaan yaitu semangat kemandirian yang terlihat pada fornas-VI karena 68% peserta hadir secara mandiri dan sisanya 32% hadir dengan dukungan anggaran APBD. Nomor perlombaan meliputi kelompok usia anak-anak 3%, remaja 35% dewasa 57% dan lansia 5%. Untuk pertama kali 34 provinsi mengikuti kegiatan tersebut dan diikuti ribuan penggiat olahraga.

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru menyampaikan terima kasih kepada Presiden, Menpora dan Ketua Kornas karena  Sumatera Selatan mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah dan apresiasi kepada 34 provinsi yang telah mengirimkan timnya melalui anggaran pemerintah daerah maupun melalui dana pribadi atau secara mandiri.

Menurut Herman Deru, Sumatera Selatan tentu menyambut gembira sebagai tuan rumah karena geliat ekonomi menjadi luar biasa, semua usaha termasuk perhotelan, kuliner, industri kecil menengah semua bergerak. Hadirnya para pegiat olahraga yang berjumlah 12.000 tentu akan memantik gairah berolahraga dan menghidupkan olahraga masyarakat.(**/Biro Administrasi Pimpinan/ATR/ADIET)

 

iklan kepala
Editor: ATARISYAH AZHAR
pasang iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT. MEDIA FIRMANSYAH PERKASA - COPYRIGHT @ 2024
error: Content is protected !!