Dinas PU Kota Palu Enggan Menanggapi Diduga Kerusakan Jalan Kawasan Kantor Walikota

Sejumlah Titik Pekerjaan Trotoar Memakai Bahan Batu Alam Diduga Mengalami Keretakan Serius

KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU
RUSAK : Pekerjaan Trotoar Memakai Bahan Batu Alam Diduga Mengalami Keretakan Serius.

PALU, FOKUS RAKYAT – Dinas PU Kota Palu (Pekerjaan Umum), dinilai enggan menanggapi terkait diduga kerusakan pekerjaan Peningkatan Jalan Kawasan Kantor Walikota Palu. Padahal, paket proyek baru selesai dikerjakan menggunakan APBD 2021, kini diduga mengalami kerusakan pada sejumlah titik pekerjaan Trotoar memakai bahan batu alam itu.

Selain itu, pembatas Trotoar pun diduga ikut mengalami kerusakan dan tak main-main kerusakan pembatas Trotoar salah satunya di depan pintu gerbang Rujab Walikota Palu. Kerusakan lain, diduga mengalami keretakan serius dan memanjang di Jalan Baruga dan dibelakang Tribun Lapangan Vatulemo kompleks Walikota Palu.

KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU
KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU

Diketahui, terkait pekerjaan Peningkatan Jalan Kawasan Kantor Walikota Palu, dikerjakan oleh Rekanan CV. Donggala Sentra Sulawesi dengan nilai kontrak Rp10,6 Milyar menggunakan APBD 2021.

Berdasarkan penelusuran investigasi Tim Redaksi FOKUS RAKYAT, di lokasi pekerjaan, baru-baru ini, diduga menemukan sejumlah kerusakan pada item pekerjaan batu alam untuk pembangunan Trotoar di Jalan Baruga. Dimana kondisi trotoar di kompleks kantor Walikota Palu ini diduga mengalami keretakan serius, memanjang, kondisinya parah dan memprihatinkan padahal proyek ini baru selesai dikerjakan.

KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU
KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU

Tim Redaksi pun menemukan kondisi batu alam yang berlubang pada Trotoar yang diduga tidak dilapisi lantai kerja beton, sehingga bangunan Trotoar rentang rusak karena pekerjaan diduga tipis hanya dilapisi pasir halus.

Selain itu, Tim Redaksi menemukan kerusakan Trotoar pas di depan pintu gerbang Rujab Walikota Palu dan menjadi sorotan warga masyarakat setempat. Karena diduga tidak etis ada pekerjaan yang rusak namun tidak diperbaiki pas di depan Rujab Walikota Palu.

KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU
KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU

Kemudian, Tim Redaksi menemukan kerusakan Trotoar dibelakang Tribun lapangan Vatulemo Walikota Palu, tepatnya disamping kantor DMI (Dewan Masjid Indonesia) Sulawesi Tengah. Namun hingga saat ini pekerjaan itu belum diperbaiki.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Faridah Lenan ST. M.Si, selaku Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU Kota Palu, terkait diduga kerusakan pekerjaan Peningkatan Jalan Kawasan Kantor Walikota Palu. Namun hingga saat ini, Faridah Lenan, belum menanggapi diduga sejumlah kerusakan tersebut.

KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU
KAWASAN KANTOR WALIKOTA PALU

“Tabe dek, baru bisa terbuka hpku, hari Kamis bisa ke kantor, saya masih di luar daerah dan Rabu baru di Palu,”ungkap Kabid Bina Marga, Faridah Lenan.

Selain itu, Ismay Adin Dj. Parig Ade ST, selaku Sekretaris Dinas PU Kota Palu, yang dikonfirmasi melalui WhatsApp, baru-baru ini. Namun belum merespon terkait diduga kerusakan sejumlah titik Trotoar pada pekerjaan Peningkatan Jalan Kawasan Kantor Walikota Palu.

Berikut item pertanyaan dari Tim Redaksi belum ditanggapi pihak Dinas PU Kota Palu.

– Tim Redaksi kami menemukan sejumlah kerusakan pada item pekerjaan batu alam untuk pembangunan Trotoar di Jalan Baruga, dimana kondisi trotoar di lingkup kantor Walikota mengalami keretakan memanjang dan kondisinya parah serta memprihatinkan karena proyek baru selesai dikerjakan, mohon penjelasanya?

– Tim kami menemukan kondisi batu alam yang berlubang pada Trotoar yang tidak dilapisi lantai kerja beton, sehingga bangunan Trotoar rentang rusak karena pekerjaan  tipis hanya dilapisi pasir halus. Jika berkenan mohon info gambar kerja terkait pekerjaan Trotoar apakah sudah sesuai Spek?

– Tim kami menemukan kerusakan Trotoar pas di depan pintu gerbang Rujab Walikota Palu dan menjadi sorotan warga masyarakat setempat karena tidak etis pas depan Rujab ada pekerjaan yang rusak namun tidak diperbaiki, mohon dijelaskan?

– Tim Redaksi kami pun menemukan kerusakan Trotoar dibelakang Tribun lapangan Vatulemo Walikota Palu, tepatnya disamping kantor DMI (Dewan Masjid Indonesia) Sulawesi Tengah, namun hingga saat ini belum diperbaiki, mohon dijelaskan?

– Apakah masa pemeliharaan pekerjaan jalan di Walikota ini belum berakhir, mengingat saat ini memasuki 6 bulan pekerjaan setelah di Opname pada 31 Desember 2021 lalu, mohon dijelaskan?

– Apakah pekerjaan jalan di Walikota Palu ini layak dilakukan FHO (Final Hand Over) atau tahap serah terima akhir pekerjaan mengingat sejumlah titik mengalami kerusakan?(**/ATR)

TIM REDAKSI

Editor: Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!