Mutu Pekerjaan Rehab Kelas SMAN Olahraga Tadulako Dipertanyakan

Kabid Pembinaan SMA : Kami Mengundang Pengawas dan Kontraktor Melakukan Perbaikan

smanor tadulako
SMANOR TADULAKO PALU.

Palu, Fokusrakyat.net – Mutu pekerjaan Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN Olahraga Tadulako Palu, mulai dipertanyakan publik.

Pasalnya, proyek rehab baru selesai menggunakan anggaran tahun 2021 itu kondisinya cukup memprihatinkan.

Proyek melekat di Satuan Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, yang dikerjakan Kontraktor pelaksana CV. Banuata Jaya Abadi, dengan nilai kontrak Rp731.415.000.00, mengalami kerusakan di beberapa segmen.

SMAN OLAHRAGA 1

Pantauan tim redaksi media ini, belum lama ini, menemukan sejumlah titik mengalami retak memanjang pada bagian spot dinding padahal bangunan baru saja direhab.

Segmen pemasangan keramik (Tehel), tim redaksi pun temukan sejumlah titik keramik rusak pada bagian tangga.

SMAN OLAHRAGA 5

Dan beberapa sarat masalah lainya tidak lain mempertanyakan mutu pekerjaan sekaligus proses administrasi rehab SMAN Olahraga Tadulako itu.

Menanggapi hal ini, redaksi media ini berupaya menghubungi Muhlis SPd Msi, selaku Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng melalui pesan WhatsAppnya, baru-baru ini.

SMAN OLAHRAGA 2

Muhlis merespon dengan baik ketika disentil wartawan terkait sarat masalah pada proyek rehabilitasi SMAN Olahraga Madani itu.

Berikut item pertanyaan kami ke Muhlis Kabis Pembinaan SMA terkait Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN Olahraga Tadulako Palu :

1.Tim redaksi kami mempertanyakan metode kerja untuk mutu pekerjaan item dinding bangunan direhab sesuai dengan spesifikasi dan gambar kerja, Mohon penjelasanya?

SMAN OLAHRAGA 3

2.Berkaitan dengan item pertanyaan diatas, tim kami temukan sejumlah titik mengalami retak memanjang padahal bangunan baru saja direhab. Mohon klarifikasinya?

SMAN OLAHRAGA 4

3.Untuk item pekerjaan pemasangan keramik (Tehel), tim redaksi kami juga mempertanyakan metode kerja untuk mutu pekerjaan sesuai dengan spesifikasi dan gambar kerja, mohon penjelasanya?

4.Berkaitan dengan item pertanyaan diatas, tim kami temukan sejumlah titik keramik rusak pada bagian tangga. Mohon klarifikasinya?

SMAN OLAHRAGA 6

5.Untuk item pekerjaan toilet, tim kami juga mempertanyakan kualitas pekerjaanya?

6.Kami temukan kloset berdiri toilet dan meja belum terpasang. Mohon konfirmasinya?

SMAN OLAHRAGA 7

7.Tim kami juga mempertanyakan kosen dan daun pintu belum terpasang, sesuai yang kami temukan di sekolah. Mohon konfirmasinya?

SMAN OLAHRAGA 8

8.Terakhir, pertanyaan kami apakah Rehabilitasi Ruang Kelas SMAN Olahraga Tadulako Palu di PHO (Provisional Hand Over) serah terima pekerjaan 100 Persen dari penyedia jasa konstruksi kepada pengguna jasa dalam kondisi yang ditentukan dalam kontrak. Mohon penjelasanya?

SMAN OLAHRAGA 9

Muhlis selaku Kabid Pembinaan SMA, memberikan tanggapan kepada redaksi media ini untuk konfirmasi perimbangan berita.

Dia mengatakan, jadi ada beberapa item yang ditanyakan dan tercantum dalam foto tidak termasuk bagian yang dikerjakan.

“Dan jika pekerjaan tersebut bagian yang disebutkan kami sudah mengundang pengawas dan kontraktor untuk segera melakukan perbaikan,”ungkapnya kepada media ini, Jumat, 4 Maret 2022.

“Karena pekerjaan tersebut masih dalam masa pemeliharaan,”ungkapnya lagi kepada redaksi media ini saat berada di wilayah Toboli perjalanan menuju Kabupaten Poso.

Secara teknis, dia menjelaskan jawaban pihak CV. Banuata Jaya Abadi terkait pekerjaan di SMAN Olahraga Tadulako.

1.Dalam pekerjaan dinding pada rehabilitasi ruang kelas yang mana gambar kerja untuk pekerjaan dinding yang dikerjakan hanya terdapat di gedung 1 dan yang dikerjakan sesuai gambar. Adapun di gedung 2 dan gedung 3 terkait dinding yang kami kerjakan itu merupakan inisiatif dari kami agar pekerjaan lebih baik.

2.Mengenai spesifikasi pada pekerjaan tehel itu sudah dikerjakan sesuai gambar dengan memperhatikan level awal kelas. Untuk pekerjaan tehel di bagian tangga tidak termasuk dalam RAB dan tidak ada dalam gambar.

3.Dalam pekerjaan dibagian toilet yang di RAB dan gambar hanya mengganti clesot duduk menjadi closet jongkok. Sedangkan untuk pekerjaan urinoir memang hanya diminta untuk mencabut.(*/atr)

Editor: Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!