Proyek Jaringan Perpipaan Diduga Tidak Digali, Kontraktor : Bukan Pekerjaan Kami le!

sibedi HL
Pemasangan pipa di Desa Sibedi.(DOK)

Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, diduga dikerjakan amburadul.

Pasalnya, pemasangan pipa pada proyek di Desa Sibedi itu diduga tidak sesuai Spesifikasi teknis.

Alasanya, pipa yang terpasang tidak digali dulu kemudian ditanam. Sehingga proyek itu dipertanyakan mutu pekerjaanya.

Selain itu, pemasangan pipa ditemukan diikat pada pohon. Ada juga pipa hanya dikait pada ranting kayu.

sibedi 2

Menanggapi hal ini, CV. Erynas Perdana selaku penyedia jasa pihak kontraktor pelaksana membantah bahwa proyek itu bukan pekerjaanya.

Dia mengatakan, Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, (DAK Penugasan Tematik Kemiskinan), Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sigi, yang dikerjakan oleh CV. Erynas Perdana, dengan nilai kontrak Rp1.102.180.000.00 pada tahun anggaran 2021.

Direktur perusahaan mengatakan, proyek itu memang dikerjakanya sebagai penyedia jasa tapi titik pekerjaan tidak sama.

“Bukan itu pekerjaan kami le, di sebelah yang kami punya pekerjaan. Tapi lokasi pekerjaan sama di Desa Sibedi,”ungkap Direktur CV. Erynas Perdana, enggan disebut namanya di media ini, saat ditemui sejumlah wartawan, di salah satu warung kopi di Kota Palu, baru-baru ini.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Sigi, Amrin Oni, yang dikonfirmasi redaksi media ini terkait proyek itu.

sibedi 4

Kabid Cipta Karya langsung mengirimkan foto kegiatan berbeda terkait proyek di Desa Sibedi itu.

“Ini foto pekerjaan kami di lapangan,”tulis Kabid Cipta Karya melalui pesan WhatsAppnya, baru-baru ini.

Disinggung wartawan redaksi media ini dengan lokasi pekerjaan proyek berbeda, tetapi lokasi sama di Desa Sibedi.

Dengan titik penampungan bak air berada disamping wisata bukit satu pohon.

sibedi 5

“Pekerjaan kami bukan yang berada di bukit satu pohon, dan pekerjaan pipa digali menggunakan alat sesuai dengan foto yang kami kirimkan,”jelas Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Sigi itu.

Berikut item pertanyaan terkait mutu pekerjaan Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Sibedi ke Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Sigi :

1.Tim kami mempertanyakan metode kerja untuk pemasangan pipa sesuai gambar kerja. Mohon penjelasanya?

2.Berkaitan dengan pemasangan pipa, tim kami menemukan beberapa titik pemasangan pipa tidak dilakukan penggalian baru pipa ditanam. Mohon klarifikasinya?

3.Mohon penjelasan, tim kami mempertanyakan apakah didalam RAB pemasangan pipa dicantumkan item penggalian, dan berapa ke dalaman penggalianya. Mohon konfirmasinya?

4.Tim kami menemukan pemasangan pipa diikat di ranting kayu, apakah pemasangan pipa ini sesuai dengan spesifikasi teknis. Mohon konfirmasinya?

5.Untuk pengadaan pipanisasi, tim kami mempertanyakan ukuran dan jenis pipa digunakan didalam Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Sibedi, mohon penjelasanya?

sibedi 1

6.Berkaitan dengan pengadaan pipa ini, tim kami menemukan ada dua jenis pipa digunakan dengan warna berbeda, pipa warna hitam dan putih apakah sesuai dengan spesifikasi. Mohon komfirmasinya?

7.Kami juga menemukan ukuran pipa paling besar tersambung dari bak penampungan menggunakan pipa ukuran pipa 6. Mohon penjelasanya?

8. Terakhir, apakah Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Sibedi sudah di PHO (Provisional Hand Over) serah terima pekerjaan 100 Persen dari penyedia jasa konstruksi kepada pengguna jasa dalam kondisi yang ditentukan dalam kontrak. Mohon penjelasanya?

sibedi 3

9.Berkaitan dengan pertanyaan PHO diatas, tim kami temukan bak penampungan air diduga tidak terurus dan terawat dikelilingi semak-semak, bahkan mengalami keretakan, mohon konfirmasinya? (*/ATR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!