Gedung Kelas Ebony UPT Diklat Sidera Retak Memanjang Dipertanyakan Mutu Pekerjaan, Kadis : Proyek Itu Dalam Masa Pemeliharaan

kelas ebony HL
Pembangunan Gedung Tempat Pendidikan Kelas Ebony, UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi.(DOK)

Pembangunan Gedung Tempat Pendidikan Kelas Ebony, UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi, dipertanyakan mutu pekerjaannya?

Pasalnya, proyek melekat pada Satuan Kerja Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng, dikerjakan kontraktor pelaksana CV. Indah Karya Mandiri, dengan nilai kontrak Rp.999.999.900.00.

Baru selesai dikerjakan menggunakan anggaran tahun 2021. Kondisi Gedung Tempat Pendidikan Kelas Ebony, UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi, mulai memprihatinkan mengalami keretakan memanjang.

Selain itu, sebagian gedung juga ditemukan belum di cat. Begitupun dengan bagian plafon ditemukan belum di fhinising dengan warna cat dari penyedia jasa.

kelas ebony 1

Menanggapi hal ini, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng, Ir. Tri Iriani Lamakampali, diminta redaksi media ini menanggapi mutu pekerjaan proyek itu.

Mengingat kondisi di Desa Sidera rawan bencana gempa dan likuifaksi sempat terjadi 2018 lalu.

kelas ebony 2

Olehnya, redaksi media ini mengajukan beberapa item pertanyaan terkait mutu pekerjaan proyek itu :

  1. Tim kami mempertanyakan metode kerja untuk pekerjaan item dinding bangunan Kelas Ebony UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi pada bagian depan, dan belakangnya sesuai dengan gambar kerja?
  2. Berkaitan dengan item pertanyaan diatas, tim kami temukan sejumlah titik mengalami retak memanjang di bagian depan dan belakang gedung. Mohon klarifikasinya?
  3. Apakah bangunan Kelas Ebony UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi sudah di PHO (Provisional Hand Over) serah terima pekerjaan 100 Persen dari penyedia jasa konstruksi kepada pengguna jasa dalam kondisi yang ditentukan dalam kontrak. Mohon penjelasanya?
  4. Berkaitan dengan pertanyaan PHO diatas, tim kami temukan beberapa item pekerjaan diduga belum rampung dan mengalami kerusakan, diantaranya ?
  5. Tim kami menemukan pada bagian atas depan bangunan belum di cat, mohon konfirmasinya?
  6. Tim kami menemukan bagian plafon juga belum di cat keliling. Mohon konfirmasinya?
  7. Pada bagian plafon belakang gedung juga mengalami kerusakan. Mohon konfirmasinya?
  8. Pada gedung bagian belakang juga ditemukan belum rampung, yang selesai dikerjakan baru rangka baja dan atapnya. Mohon konfirmasinya?

Menanggapi hal ini, Kadis Tri Iriani Lamakampali mengatakan telah melakukan rapat internal berkoordinasi bersama konsultan pengawas, dan penyedia jasa pada proyek Pembangunan Gedung Tempat Pendidikan Kelas Ebony, UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi itu.

Dia mengatakan, karena keterbatasan anggaran sebagian item pekerjaan memang diakui tidak dicat.

kelas ebony 3

“Ada sebagian memang tidak dicat Pak (wartawan,red), karena memang anggaran tidak cukup dalam RAB,”ungkap Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura itu, melalui telepon WhatsApp, Senin kemarin, 21 Februari 2022.

Kadis menambahkan, soal keretakan memanjang di beberapa titik dinding.

Dirinya mengaku saat ini proyek itu masih dalam masa pemeliharaan.

“Kita meminta kontraktor segera perbaiki kerusakanya. Karena sekarang masih masa pemeliharaan,”jelasnya.

kelas ebony 4

Menurutnya, terkait bangunan belum rampung disamping Pembangunan Gedung Tempat Pendidikan Kelas Ebony, UPT Diklat Sidera Kabupaten Sigi saat ini. Item pekerjaan itu dibantahnya tidak masuk dalam proyek ini.

“Pekerjaan belum selesai itu lain pak, itu sisa bangunan gempa 2018 lalu,”pungkasnya.(*/ATR)

Editor: Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!