Gedung IAIN Datokarama Palu Terus Digenjot, Sebagian Baru Pondasi, PPK : Pekerjaan Berakhir Juli 2022

gedung iain
FOTO : Gedung IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Datokarama Palu, kini pembangunannya terus digenjot segera rampung.(DOK.FIRMANSYAH)

Gedung IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Datokarama Palu, kini pembangunannya terus digenjot segera rampung.

Gedung IAIN Datokarama Palu itu, yang dikabarkan bakal menjadi bangunan mitigasi bencana tsunami di Sulawesi Tengah, akhirnya dibangun kembali, pasca bangunanya porak-poranda dihantam tragedi tsunami 2018 lalu.

gedung iain

Berdasarkan penelusuran media ini, baru-baru ini, di lokasi pekerjaan di Jalan Diponegoro Palu, pekerjaan gedung IAIN Datokarama Palu itu, pembangunanya sebagian baru memasuki tahap pondasi, dimana nampak pondasi cakar ayam sementara dikerjakan pihak rekanan/kontraktor.

Baca juga : Kapolda Sulteng : Semua Pegang Senjata Boleh Menembak, Tapi Pegang Teguh Tiga Syarat Ini

Akan tetapi, sebelah pekerjaan pondasi cakar ayam itu sudah berdiri bangunan kokoh empat lantai.

Beberapa pekerja juga nampak sedang memperbaiki saluran drainase, yang dipersiapkan dengan memasang U-dicht yang telah dicetak dan siap dipasang.

Namun, sebagian pekerja saat itu tidak dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri) seperti helm pengaman, sepatu boot, dan rompi atau jaket.

Begitupun dengan aktivitas pekerjaan di lapangan, juga dinilai tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes), terkait PPKM level 2 yang masih berlaku di Kota Palu.

Baca juga : Satgas Madago Raya Dapat Tambahan Kekuatan dari Polda Jambi, Kejar 4 DPO Teroris Poso

Menanggapi hal itu, Zulfikar ST. MT, selaku PPK Strategis 1, di BPPW (Balai Prasarana Permukiman Wilayah) Sulteng, Kementerian PUPR, mengatakan, pekerjaan gedung IAIN Datokarama Palu ini berakhir Juli 2022.

“Pekerjaan berakhir Juli 2022, Insya Allah,”ungkap Zulfikar yang disinggung target pekerjaan mengingat memasuki akhir tahun 2021, kepada redaksi media ini, baru-baru ini.

Disinggung soal sebagian pekerjaan baru memasuki tahap pondasi cakar ayam. Menurutnya, tidak semua lantai 4 dan pekerjaan saat ini bukan pondasi lagi.

“Sudah bukan pondasi dindaku (Wartawan,red), dan tidak semua lantai 4 itu,”jelasnya kepada media ini, melalui pesan WhatsAppnya.

Terakhir, PPK Zulfikar, yang disinggung terkait progress pembangunan gedung IAIN Datokarama Palu saat ini.

“Sore saja yah, saya info hasil dari rapat proggres yah,” jelasnya lagi.

Sekadar diketahui, pembangunan gedung IAIN Datokarama Palu ini merupakan paket pekerjaan reconstruction of islamic university of palu, yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Nomor 23, Kota Palu.

Baca juga : Ada Aroma Korupsi di Desa Bambaira, Peningkatan Jalan Pertanian Diduga Ada Pengurangan Volume, Kepala Desa Kesal Pekerjaan di PHO

Dengan nomor kontrak HK.02.01/KONT/SPPP.ST/PSPPOP/05/2020, dengan nilai kontrak Rp. 93.266.318.000, dengan sumber dana Asian Development Bank (ADB).

Waktu pelaksanaan selama 360 hari kalender, kontraktor pelaksana adalah PT. Totalindo  Eka Persada, Tbk dan konsultan pengawas PT Djasa Ubersakti.(**/ATR)

LAPORAN : FIRMANSYAH

Baca juga : Pencurian Mesin Traktor, Penghisap Pasir, dan Katinting Kasat Reskrim : Sebagian Uang Hasil Penjualan Pelaku Pakai Foya Foya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!