Gubernur Sulteng Bahas Masalah Poso ke Komnas HAM

FOTO : Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, saat berkunjung ke kantor Komnas HAM, di Jakarta, membahas masalah penyelesaian di Kabupaten Poso.

FOKUS RAKYAT.NET, PALU — Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, bertemu Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik, didampingi Ridha Saleh.

Mendiskusikan tiga isu penting, berkaitan dengan penyelesaian masalah di Kabupaten Poso, dan hak penyintas bencana di Sulteng 2018 lalu.

Tiga isu penting ini masing-masing :

1. Pendekatan penyelesaian Poso dengan pendekatan kesejahteraan dan akan melibatkan Kemensos, Kemenkop, Kemendikbud, Komnas HAM dan Pemda.

2. MOU Pemda dan Komnas HAM berkaitan dengan pengembangan Daerah Sadar HAM, dan

3. Pemenuhan hak Penyintas.

Selanjutnya Gubernur Rusdy Mastura didampingi Bupati Buol Amirudin Rauf, melakukan Pertemuan dengan Mendagri Tito Karnavian.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, menindaklanjuti permasalahan penegasan penyelesaian tapal batas Sulawesi Tengah dan Provinsi Gorontalo yang berlokasi di Kabupaten Buol dengan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kata dia, kiranya mendapat Perhatian Menteri Dalam Negeri Untuk dapat diselesaikan agar tidak terjadi konplik pada masyarakat yang ada pada wilayah yang berbatasan tersebut .

Pada Kesempatan Itu, Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan kepada Plh Dirjend Adwil Depdagri Bpk DR. Suhajar Dewantoro untuk dapat segera memfasilitasi pertemuan kembali.

Antara Gubernur SultengĀ  H. Rusdy Mastura denganĀ  Gubernur Gorontalo, untuk membahas kembali tentang batas propinsi Sulawesi Tengah pada Wilayah Kabupaten Buol dan Propinsi Gorontalo pada wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Pertemuan berlangsung di Pimpin langsung Mendagri Tito KarnavianĀ  di dampingi oleh Dirjend Otda, Dirjend Polpum & Plh Dirjend Adwil Depdagri di kediaman Mendagri dr jam 16.00 wib sampe selesai..

Pertemuan berlangsung Hangat dg di hadiri oleh Bpk Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura, Bupati Buol Dr. Amiriddin Rauf, Anggota DPRD Prop Sulteng dapil Toli2 Buol, Staf Khusus Gubernur Ridha Saleh dan Karo Adwil Pemerintahan dan Otda.

Semoga Seluruh Upaya yang dilakukan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dapat membuahkan hasil untuk mempercepat Sulawesi Tengah yany lebih Maju.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!